Senin, 02 Juli 2012

Hari-hari di Perpustakaan


Seperti telah dikisahkan hari pertama di perpustakaan aku sudah diminta untuk mengikuti pendidikan singkat di Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Sastra di UI. Selama enam bulan aku menimba ilmu perpustakaan di almamater keduaku tersebut. Pulang pendidikan aku tidak segera ditempatkan di bagian-bagian yang ada di perpustakaan IPB. Aku hanya membantu kepala Perpustakaan IPB mengerjakan tugas-tugas administrasi. Selain itu aku diminta untuk membuat rencana pengembangan perpustakaan IPB.

Aku kemudian menyusun rencana restrukturisasi organisasi Perpustakaan IPB. Ini aku lakukan karena aku melihat organisasi yang ada tidak efisien dan tumpang tindih. Usulanku ini berbuah pahit bagiku. Aku dimusuhi oleh pegawai-pegawai senior yang ada di Perpustakaan IPB. Namun aku pantang menyerah. Kelak terbukti bahwa restrukturisasi tersebut memang membawa perbaikan kepada kinerja Perpustakaan IPB. Sukses melakukan restrukturisasi organisasi Perpustakaan IPB, aku kemudian diminta oleh Kepala Perpustakaan IPB untuk memimpin Bidang Pelayanan di Perpustakaan IPB. Jabatan ini aku dijalani selama 6 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar