Rabu, 20 Juni 2012

Jalan menuju Pustakawan


Aku lulus dari Fakultas Peternakan IPB tahun 1982. Aku kemudian bercita-cita untuk bekerja di farm atau peternakan besar. Profesi dosen yang aku cita-citakan telah aku lupakan. Aku lalu melamar ke beberapa perusahaan peternakan. Namun ketika itu banyak perusahaan besar di bidang peternakan yang belum mau berkembang lebih besar lagi. Kebijakan pemerintah ketika itu adalah mengembangkan peternakan rakyat. Karena itu aku tidak kunjung mendapat pekerjaan. Aku juga mencoba melamar menjadi pegawai negeri ke Direktorat Jenderal Peternakan. Namun aku harus bersabar karena rekrutmen pegawai masih belum dilakukan.

Ditengah kegalauanku menunggu panggilan aku didatangi seorang teman akrabku yang membawa informasi bahwa almamaterku sedang membangun suatu lembaga baru yang bernama Information Resources Center, sebuah lembaga yang akan mengelola semua informasi di IPB. Salah seorang yang tahu persis apa yang akan dikembangkan oleh IPB itu adalah dosen pembimbingku, Pak Asep Saefuddin. Aku lalu mendatangi dosenku untuk meminta penjelasan sekaligus meminta saran apakah aku cocok kalau melamar menjadi staf di lembaga baru itu. Penjelasan dosen pembimbingku membuat aku mantap untuk melamar ke lembaga baru itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar